Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part II

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part II

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part II Makanan penutup Spanyol tidak hanya membuat air liur menetes, tetapi juga mewakili cerita indah tentang kota-kota di Spanyol.

Dari polvoron, torrijas hingga tarta de Santiago, ini hanyalah beberapa makanan penutup Spanyol yang terkenal. Ada makanan penutup yang manis dan ada juga yang gurih. Semua nama makanan penutup ini mungkin terdengar asing, tapi begitu Anda mencobanya, Anda pasti akan jatuh cinta. Berikut adalah makanan penutup khas negara Spanyol.

Lanjutan Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part II

9. Kue Keju Basque Bakar

Makanan penutup Spanyol kesembilan adalah Burnt Basque Cheesecake. Kue keju Basque gosong adalah kue keju tanpa kerak yang sangat kaya dan lembut. Bagian luarnya yang gosong dan keras diperoleh dengan memanggang kue ini dengan api yang sangat tinggi.

Baca Juga :
Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part I

Namun meskipun gosong, rasanya tidak pahit sama sekali. Tekstur kulitnya justru sedikit renyah dan rasanya seperti karamel yang lezat. Jika Anda ingin mencoba versi cheesecake tanpa kulit, cobalah cheesecake Basque gosong ini.

Tidak perlu membuat kerak atau menyiapkan topping karena cheesecake Basque yang dibakar ini sudah luar biasa.

10. Arroz con Leche

Makanan penutup Spanyol yang kesepuluh adalah Arroz con Leche. Arroz con Leche adalah hidangan penutup Spanyol yang memiliki aroma menggoda dengan sejarah yang panjang. Hidangan ini berasal dari periode ketika Spanyol berada di bawah pengaruh bangsa Moor.

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part II

Kini puding beras ini terkenal di Spanyol, terutama di bagian Utara, dan di seluruh Amerika Latin. Arroz con Leche selalu dibuat dengan beberapa bahan utama: beras, gula, susu, dan untuk menambah rasa, digunakan batang kayu manis atau kulit lemon atau jeruk.

Beberapa hidangan ini dipanggang dalam oven, tapi ada juga yang dibuat di atas kompor. Disarankan untuk menambahkan kayu manis bubuk di atasnya.

11. Flan

Hidangan penutup khas Spanyol yang kesebelas adalah flan. Makanan penutup khas Spanyol lainnya yang telah disebutkan adalah flan. Hidangan ini terkenal bukan hanya karena merupakan hidangan penutup yang sangat umum, tetapi juga karena sangat mudah dibuat.

Semua restoran di Spanyol memiliki setidaknya satu jenis flan di menu mereka. Flan atau puding karamel juga merupakan makanan khas di negara lain, seperti di hampir semua negara Amerika Selatan. Di negara-negara tersebut, flan dimasak dengan cara yang berbeda.

Resep untuk membuat flan cukup mudah dan hanya dalam waktu satu jam puding ini akan siap untuk dinikmati. Rasanya sangat lezat. Telur, susu, vanili, dan gula adalah kunci untuk membuat resep makanan penutup Spanyol ini.

12. Técula Mécula

Makanan penutup Spanyol yang kedua belas adalah Técula Mécula, yang merupakan pai manis yang terbuat dari kacang almond dan kuning telur. Hidangan tradisional ini berasal dari Extremadura, di Spanyol bagian barat.

Menariknya, istilah Técula Mécula sebenarnya merupakan frasa dalam bahasa Arab yang berarti “untuk Anda, untuk saya”. Namun, ketika Anda mencicipinya, Anda tidak yakin apakah Anda ingin membaginya.

Kue ini juga disebut kue tart almond kekaisaran karena merupakan makanan penutup favorit Kaisar Charles V. Kue ini sangat kaya dan lembut. Kacang almondnya memberikan rasa kacang yang berbeda.

13. Pan Con Tomate

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Makanan penutup Spanyol yang ketiga belas adalah Pan Con Tomate. Dilihat dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa makanan ini menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Memang benar bahwa bahan utamanya adalah roti dan tomat.

Tampilannya mirip dengan roti bakar pada umumnya namun menggunakan topping dari tomat yang dihancurkan. Roti dan topping tersebut kemudian dipanggang di dalam oven panas.

Tekstur makanan ini renyah di bagian luar roti dan lembut di bagian dalam. Rasanya yang gurih berpadu dengan rasa tomat yang khas menciptakan cita rasa yang berbeda.

Meskipun hidangan ini sederhana, namun mampu memikat hati para pengunjung yang datang. Anda bisa menikmati makanan ini di beberapa food court atau kafe yang banyak tersedia di Spanyol.

14. Churros Con Chocolate

Makanan penutup khas Spanyol yang keempat belas adalah Churros. Hidangan yang satu ini pasti sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya di Spanyol, menu ini juga banyak ditemukan di Indonesia.

Meskipun begitu, Anda tetap harus mencoba churros asli Spanyol saat berkunjung. Churros ini disajikan dengan saus cokelat yang manis dan lezat. Hampir semua kafe di Spanyol menyajikan hidangan otentik ini.

15. Empanada

Makanan penutup Spanyol yang terakhir adalah Empanada. Empanada memiliki bentuk yang mirip dengan pastel. Isiannya menggunakan daging sapi yang dicincang halus dan dicampur dengan potongan kentang.

Untuk menambah cita rasa yang lezat, diberikan bumbu-bumbu rahasia. Setelah bahan siap kemudian digoreng hingga matang. Makanan ini biasanya dijadikan camilan yang dilengkapi dengan saus.

Makanan ini tidak hanya bisa Anda temukan di kafe atau restoran. Banyak pedagang kaki lima yang membuat dan menjual makanan ini. Saat bepergian, Anda bisa menyantap makanan ini sebagai teman perjalanan Anda. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan pas sebagai camilan yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *