Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat!

Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part I

Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part I Hampir semua orang tahu tentang Spanyol, tetapi kebanyakan ketika ditanya tentang makanan penutup Spanyol yang populer, mereka hanya bisa menyebutkan churros. Faktanya, ada lebih banyak makanan penutup yang lezat di Spanyol daripada churros. Makanan penutup Spanyol tidak hanya membuat air liur menetes, tetapi juga mewakili cerita indah tentang kota-kota di Spanyol.

Dari polvoron, torrijas hingga tarta de Santiago, ini hanyalah beberapa makanan penutup Spanyol yang terkenal. Ada makanan penutup yang manis dan ada juga yang gurih. Semua nama makanan penutup ini mungkin terdengar asing, tapi begitu Anda mencobanya, Anda pasti akan jatuh cinta. Berikut adalah makanan penutup khas negara Spanyol.

Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat! Part I

1. Tarta De Santiago

Makanan penutup khas Spanyol yang pertama adalah Tartya de Santiago. Tarta de Santiago adalah makanan penutup klasik khas Spanyol. Makanan ini sudah ada sejak abad ke-15. Makanan ini berasal dari Galicia, Spanyol, selama ziarah abad pertengahan. Dibuat dari kacang almond, kulit jeruk, dan kulit almond, tarta de Santiago mirip dengan kue almond Spanyol.

Kue ini lembut dan lembab seperti kue almond Spanyol dan dibumbui dengan kacang almond dan jeruk. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa di tarta de Santiago ada cap St. James Cross yang ditampilkan di tengah-tengah kue.

2. Rosquillas

Makanan penutup khas Spanyol yang kedua adalah Rosquillas. Rosquillas adalah donat goreng tradisional Spanyol yang memiliki tekstur lembut dan berlubang di bagian tengahnya. Hidangan penutup khas Spanyol ini biasanya disajikan saat perayaan Pekan Suci.

Meskipun rosquillas memiliki banyak variasi, namun rosquillas klasik terbuat dari kombinasi telur, susu, gula, minyak, tepung, kulit lemon, baking powder, dan anisette, yang memberikan rasa unik pada donat lezat ini.

Variasi lain dari rosquilla klasik adalah dengan taburan anggur muskat manis (moscatel). Donat ini memiliki nama rosquillas de vino. Setelah digoreng, rosquillas biasanya disajikan sebagai camilan manis dengan taburan gula kayu manis.

Baca Juga :
Daftar TOP 5 Keju Spanyol yang Terkenal Hingga Mendunia, Bagi Pecinta Keju Wajib Tahu Dong ya…..!

3. Torrijas

Makanan penutup khas Spanyol yang ketiga adalah Torrijas. Orang Spanyol memiliki makanan penutup khas Spanyol untuk perayaan setiap tahunnya. “Torrijas” atau yang juga dikenal sebagai puding roti sangat khas pada saat Paskah.

Hampir setiap keluarga pada minggu musim semi membuat banyak torrijas untuk dimakan pada saat itu. Anda juga dapat membelinya jika Anda mau, tetapi resepnya sesederhana menggoreng irisan roti dan mencampurkannya dengan susu dan telur. Jadi, Anda disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah.

Dikatakan bahwa torrijas adalah salah satu makanan penutup Spanyol yang paling tradisional dan klasik karena telah dimasak sejak abad ke-V. Hidangan penutup ini patut dicoba!

4. Crema Catalana

Hidangan penutup Spanyol yang keempat adalah Crema Catalana atau krim Catalan yang merupakan versi Spanyol dari brulée Prancis yang populer. Rasanya yang menyegarkan telah membuat banyak orang ketagihan dengan hidangan ini. Begitu Anda mencicipi kulit gula yang gosong dan puding lembut di bawahnya, Anda pasti tidak ingin membaginya dengan orang lain.

Untuk membuat karamel gosong, orang Spanyol biasanya membuat bentuk spiral dengan setrika panas di atasnya, tetapi karamel juga dapat dibuat dengan menggunakan pemanggang oven. Perhatikan oven dengan hati-hati dan gula akan segera gosong.

Beberapa restoran atau kafe yang menyediakan makanan ini biasanya menyajikan krim catallina ini sebagai makanan penutup. Setelah menyantap hidangan utama yang berat, akan terasa lebih nikmat jika Anda mencicipi menu ini.

5. Polvoron

Makanan penutup khas Spanyol yang kelima adalah Polvoron. Polvoron adalah kue yang luar biasa dan unik. Nama makanan penutup khas Spanyol ini berasal dari kata “polvo,” yang berarti debu atau bubuk dalam bahasa Spanyol. Hal ini masuk akal karena camilan ini berbentuk bubuk atau bubuk dan kemudian dicetak.

Hidangan penutup Spanyol ini adalah kue rapuh yang dibuat hanya dengan 5 bahan: tepung, gula, kacang almond yang dihancurkan, kayu manis, dan mentega. Kue ini sangat kaya akan rasa dan teksturnya seperti mentega.

Saat Anda menggigit kue ini, potongan-potongannya akan larut dalam mulut dan langsung meleleh. Polvoron biasanya disajikan saat Natal, tetapi sangat mudah dibuat sehingga dapat dinikmati setiap hari.

6. Magdalenas

Makanan penutup Spanyol yang keenam adalah Magdalenas. Magdalenas adalah makanan penutup khas Spanyol dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Biasanya terbuat dari kombinasi telur, mentega, gula, tepung, susu, baking powder, dan kulit lemon atau esens vanila sebagai penyedap.

Secara visual sangat mirip dengan muffin. Di Spanyol, magdalena paling sering disantap untuk sarapan dengan secangkir kopi. Di masa lalu, kudapan kecil ini terutama dibuat untuk hari raya dan ulang tahun, tetapi sekarang dapat ditemukan di seluruh Spanyol, di supermarket dan juga toko roti.

Konon, nama magdalena berasal dari kisah seorang gadis muda bernama Magdalena. Ia biasa memberikannya kepada para peziarah yang pergi ke wilayah Santiago de Compostela di Galicia.

7. Tocino de Cielo

Makanan penutup khas Spanyol yang ketujuh adalah Tocino de Cielo. Jika diterjemahkan secara harfiah, tocino de cielo berarti babi kecil dari surga. Meskipun tidak diketahui mengapa makanan ini disebut babi kecil, namun setelah mencicipinya orang akan mengerti mengapa nama tersebut diberikan.

Tocino de Cielo terlihat seperti replika flan dari Spanyol, namun memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Tidak seperti flan, tocino de cielo terbuat dari kuning telur saja, sehingga menghasilkan puding yang lebih kaya rasa dan manis dengan tekstur yang lebih ringan.

Hidangan pencuci mulut khas Spanyol ini sudah ada sejak abad ke-14 di kota Jerez de la Frontera. Saat itu, kilang anggur menggunakan putih telur untuk memurnikan wine mereka, sehingga menyisakan banyak kuning telur.

Mereka kemudian menyumbangkan kuning telur tersebut ke biara terdekat, Convento de Espiritu Santo de Jerez de la Frontera. Berkat kecerdikan para biarawati, makanan penutup dengan rasa yang sempurna pun muncul.

8. Greixonera

Makanan penutup khas Spanyol yang kedelapan adalah Greixonera. Bahan dasar makanan penutup tradisional khas Balearic ini biasanya terbuat dari sisa ensaimada, kue manis berbentuk spiral. Greixonera mirip dengan puding roti yang terdiri dari potongan ensaimada yang dikombinasikan dengan susu dan telur.

Kemudian seluruh kombinasi tersebut dipanggang hingga mengeras dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Kue ini sering dibumbui dengan kayu manis atau kulit lemon dan umumnya disajikan dari bawah ke atas dan ditaburi kayu manis bubuk.

Biasanya greixonera disiapkan pada hari-hari setelah acara khusus tertentu dengan sisa ensaimada. Meskipun dikaitkan dengan Kepulauan Balearic, makanan penutup Spanyol ini tetap populer di Ibiza.

Sobat untuk rangkuman Dessert terbaik dari Spanyol ini akan Kiddlid lanjutkan lagi di artikel selanjut nya…….. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *