Daftar TOP 10 Keju Spanyol yang Terkenal Hingga Mendunia, Bagi Pecinta Keju Wajib Tahu Dong ya.....! Part I

Daftar TOP 10 Keju Spanyol yang Terkenal Hingga Mendunia, Bagi Pecinta Keju Wajib Tahu Dong ya…..! Part I

Daftar TOP 10 Keju Spanyol yang Terkenal Hingga Mendunia, Bagi Pecinta Keju Wajib Tahu Dong ya…..! Part I Tahukah Sobat bahwa Spanyol adalah salah satu negara yang terkenal dengan produksi kejunya? Banyak dari keju Spanyol yang bahkan dilisensikan oleh Uni Eropa sendiri!

Jika Sobat pecinta keju, Anda harus mencoba jenis-jenis keju dari Spanyol ini dan bandingkan rasanya! Apa saja keju terkenal di Spanyol yang harus Sobat ketahui nih?

Daftar TOP 10 Keju Spanyol yang Terkenal Hingga Mendunia, Bagi Pecinta Keju Wajib Tahu Dong ya…..! Part I

1. Idiazabal Cheese

Keju Idiazabal merupakan keju klasik yang berasal dari Pyrenees Spanyol. Keju ini terbuat dari susu domba yang tidak melewati tahap pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan untuk membunuh organisme jahat dan memperlambat pertumbuhan mikroba.

Keju idiazabal memiliki kulit yang agak gelap dan keras. Jadi, ketika Anda menemukan keju jenis ini, Anda tidak dapat memakan kulitnya. Hal ini karena kulit keju Idiazabal tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi.

Baca Juga :
Part 2, Daftar TOP 10 Keju Spanyol Terkenal Hingga Mendunia, Ini Lah Lanjutan dari Part 1 Sebelumnya ya Guys ^^

Idiazabal cheese memiliki rasa asin, dan sedikit rasa berasap. Anehnya, meskipun memiliki rasa smokey yang tajam, keju Idiazabal tidak melalui proses pengasapan sama sekali.

Baca Juga :
Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat!

2. Cabrales Cheese

Cabrales adalah salah satu jenis keju biru Spanyol yang paling terkenal. Bahan utama keju ini adalah dari susu sapi, susu domba, atau pun susu kambing. Pembuatan keju ini tergantung pada musiman juga.

Selama proses pembuatannya, keju Cabrales didiamkan selama dua hingga enam bulan dengan kontrol iklim yang mengatur dan memungkinkan pertumbuhan jamur penicillium pada keju. Jamur inilah yang memberikan warna biru-hijau pada keju Cabrales di seluruh lapisannya.

3. Manchego Cheese

Keju Manchego terbuat dari 100% susu domba. Susu domba yang digunakan untuk membuat keju Manchego harus diambil dari domba Manchega. Keju Spanyol ini dibuat di wilayah La Mancha di Spanyol Tengah.

Keju Manchego memiliki tekstur yang cukup keras, biasanya berumur dua bulan hingga dua tahun. Manchego juga memiliki ciri khas dengan tekstur yang berlubang-lubang kecil di sekelilingnya. Tidak hanya itu, Manchego memiliki pola zig-zag pada kulitnya.

Uniknya, keju yang memiliki nama resmi Queso Manchego ini merupakan salah satu jenis keju yang dilindungi dalam sistem regulasi Designation of Origin (DO) di Spanyol. DO ini mengatur kualitas dan klaim asal geografis keju.

Tidak hanya itu, keju Manchego juga memiliki status Protected Designation of Origin (PDO), yaitu kebijakan yang mengatur area produksi dan bahan-bahan serta metode produksi tradisional Eropa. Apakah Anda tertarik untuk mencoba keju populer dari Spanyol ini?

4. San Simon Cheese

Keju ini dibuat di wilayah Galicia, Spanyol Timur Laut dan memiliki bentuk seperti buah pir dengan tekstur yang sedikit lembut. Keju San Simon adalah jenis keju asap yang terbuat dari susu sapi yang diperas selama kurang lebih empat minggu. Kemudian, diasapi secara perlahan selama dua minggu.

Keju San Simon memiliki rasa yang creamy, buttery, dan smoky yang terkadang sedikit atau bahkan cukup kuat. Pada lapisan luarnya, San Simon memiliki kulit berwarna cokelat keemasan. Uniknya, tidak jarang keju ini digambarkan memiliki rasa mentega dan kayu.

5. Mahon Cheese

Keju ini biasa dikenal dengan nama Queso Mahon. Mahon adalah keju yang terbuat dari susu sapi dan pembuatannya berasal dari pulau Minorca di Spanyol.

Keju Mahon merupakan keju terpopuler kedua setelah Manchego. Mahon memiliki kombinasi rasa asin dan pedas. Keju ini memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tingkat kematangan minimal 3 sampai 9 minggu, 2 bulan, 6 bulan, dan 10 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *