TOP 11 Makanan Khas Australia, Negeri Kanguru Ini, Enaknya Kebangetan Lho Guys!

TOP 11 Makanan Khas Australia, Negeri Kanguru Ini, Enaknya Kebangetan Lho Guys!

TOP 11 Makanan Khas Australia, Negeri Kanguru Ini, Enaknya Kebangetan Lho Guys! Makanan Australia dikenal beragam dan lezat. Australia merupakan salah satu negara tetangga yang paling sering dikunjungi orang Indonesia. Jika Anda berencana berkunjung ke sana dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mencoba makanan khas.

TOP 11 Makanan Khas Australia, Negeri Kanguru Ini, Enaknya Kebangetan Lho Guys!

1. Vegemite

Sebenarnya, vegemite bukanlah sebuah hidangan, melainkan selai yang terbuat dari berbagai macam sayuran, rempah-rempah, dan ragi yang biasa digunakan untuk membuat bir. Warna vegemite seperti selai cokelat tapi jangan anggap rasanya manis.

Vegemite memiliki rasa campuran antara asin, manis, sedikit pahit dan pedas dari rempah-rempah. Aroma yang menyengat dan rasa yang bercampur membuat banyak orang yang baru pertama kali mencicipinya tidak menyukai rasanya.

Baca Juga :
Rekomendasi TOP 20 Kota Terindah di Australia, Negeri Kanguru Ini Wajib Sobat Kunjungi Lho!

TOP 11 Makanan Khas Australia, Orang Australia biasanya memakannya dengan mengoleskan sedikit di atas roti panggang dan kemudian menambahkan olesan mentega yang banyak. Terkadang vegemite dijadikan isian sandwich dengan keju atau dimakan bersama alpukat, keju leleh dan tomat.

Vegemite adalah jenis makanan yang dibenci atau dicintai banyak orang. Anda bisa mencobanya untuk mengetahui Anda termasuk dalam kelompok mana, kelompok yang membenci atau menyukai.

2. Pavlova

Pavlova adalah kue yang dinamai sesuai dengan nama balerina Rusia, Anna Pavlova. Pada tahun 1926-1929, Anna Pavlova mengunjungi Australia dalam rangka tur balet. Chef Herbert Sachse ingin membuat kue untuk menghormati kunjungan balerina terkenal ini, jadi dia menciptakan hidangan penutup yang rasanya seringan gerakan tarian balerina.

Namun, asal-usul kue ini masih menjadi perdebatan antara Australia dan Selandia Baru hingga hari ini karena Selandia Baru mengklaim bahwa Pavlova sudah ada dalam resep mereka sejak lama.

Baca Juga :
Negeri Kanguru, Australia Rekomendasi 10 Keajaiban Alam yang Sangat Menakjubkan!

Pavlova adalah kue meringue yang diberi krim kocok dan buah-buahan segar seperti stroberi, blueberry, markisa, dan kiwi. Lapisan luar meringue keras namun renyah dan ketika kulit luar ini dipatahkan, Anda akan menemukan bagian dalamnya yang lembut dan meleleh seperti marshmallow.

Jika Anda berkunjung ke Australia, jangan lupa untuk mencoba kue manis yang telah menjadi rebutan kedua negara ini.

3. Lamington

Sejarah kue Lamington sudah ada sejak awal tahun 1900-an, jadi tidak heran jika Lamington sering disebut sebagai kue nasional Australia. Lamington adalah kue bolu berbentuk persegi yang dilumuri saus cokelat dan digulung dengan parutan kelapa hingga menutupi seluruh permukaan kue.

Baca Juga :
Lanjutan Part 2, Rekomendasi 20 Kota Terindah di Australia, Negeri Kanguru Ini Sobat Wajib Kunjunginya^^

Biasanya di bagian tengah kue bolu terdapat selai atau krim yang semakin menambah kelezatan kue Lamington ini. Kue Lamington tersedia di setiap toko roti dan supermarket di Australia. Hampir semua orang yang pernah mencoba kue ini akan langsung jatuh cinta dengan rasanya.

4. The Lot

The Lot adalah julukan untuk burger Australia. Burger mungkin tidak berasal dari Australia, namun negara kanguru ini memiliki resep burger sendiri yang berbeda dengan burger Amerika atau burger dari negara lain.

Sebagian besar isian The Lot sama dengan isian burger pada umumnya, yaitu selada, tomat, daging, dan keju. Namun ada bahan lain yang hanya ada di burger Australia, yaitu beetroot atau buah bit, telur setengah matang, dan irisan nanas. Bagaimana, jadi ingin mencobanya kan?

5. Meat Pie

Pie yang sering kita jumpai adalah makanan manis yang berisi buah, kacang-kacangan atau susu. Namun tidak di Australia. Di sana pie yang paling populer adalah pie yang berisi daging. Ukuran pie daging Australia juga berbeda dengan pie kebanyakan.

Jika pie biasanya berukuran sebesar piring, makanan khas Australia ini biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Ukurannya hampir seukuran cupcake namun sedikit lebih besar sehingga Anda bisa memakannya di perjalanan. Isi pai dengan daging cincang, jamur, dan keju.

Untuk makan malam, pai ini biasanya disantap dengan kentang tumbuk dan saus. Anda dapat memperoleh pai daging dengan mudah karena hampir semua pub, toko roti, toko kelontong, dan supermarket menyajikannya.

6. Pie Floater

Banyak turis asing yang skeptis dengan rasa floater pie karena tampilan floater pie ini sangat aneh dan terlihat seperti dibuat asal-asalan. Pie floater ini merupakan sup kacang polong yang dibuat sangat kental lalu diberi topping pie daging dan saus tomat.

Pie daging ini biasanya diletakkan dengan sedikit tekanan sehingga sebagian pie berada di dalam kuah, sisanya terlihat di permukaan. Namun ada juga yang merendam seluruh permukaan pai di dalam kuah. Floater pie ini merupakan makanan favorit warga Australia untuk menyembuhkan mabuk setelah minum banyak alkohol pada malam sebelumnya.

7. Daging kanguru dan daging emu

Kanguru dan emu adalah hewan asli Australia. Meskipun kedua hewan ini merupakan simbol negara, mereka juga merupakan sumber protein favorit warga Australia, selain daging sapi, babi, atau ayam.

Daging kanguru dan emu dapat ditemukan di rak-rak supermarket dan di menu restoran. Daging kanguru dan emu rendah lemak dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti steak, sosis, burger, dan sebagainya. Anda tidak bisa mendapatkan daging kanguru dan emu di tempat lain di Australia, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mencobanya saat Anda berada di sana.

8. Barramundi

Bagi Anda yang menyukai ikan, Anda bisa mencoba ikan barramundi di Australia. Barramundi adalah bahasa Aborigin yang berarti ikan sungai bersisik besar. Jika Anda berkeliling Australia, Anda akan menemukan barramundi pada menu di setiap restoran yang Anda kunjungi.

Daging ikan barramundi memiliki rasa yang tebal, gurih, dan manis. Karena itulah pengolahan barramundi tidak perlu menggunakan banyak bumbu. Barramundi paling enak dimakan dengan cara dipanggang atau dibakar hanya dengan garam, lada dan air perasan jeruk lemon.

9. Biskuit Anzac

Apa hubungannya dengan tentara? Sejarah kue ini berawal dari Perang Dunia I. Saat itu banyak tentara Australia dan Selandia Baru yang dikirim ke Eropa untuk berperang. Para wanita di rumah kemudian membuat kue ini sebagai camilan untuk menemani para tentara selama perjalanan ke Eropa. Karena itulah biskuit ini dikenal sebagai ‘biskuit tentara’ saat itu.

Bahan-bahan yang digunakan adalah gandum, tepung, gula, mentega, sirup emas, soda kue, air panas, dan terkadang kelapa. Biskuit Anzac memiliki tekstur yang sangat keras namun tetap memiliki rasa yang enak.

10. Chicken Parmigiana

Chicken parmigiana adalah modifikasi dari resep parmigiana Italia. Resep parmigiana asli menggunakan terong, sedangkan chicken parmigiana menggunakan ayam. Chicken parmigiana adalah daging ayam yang dilapisi tepung roti dengan saus tomat dan diberi lelehan keju parmesan.

Kadang-kadang juga diberi taburan prosciutto (ham babi yang diiris tipis). Karena setiap pub di Australia menyajikan hidangan ini, chicken parmigiana sering disebut sebagai Pub Parma.

11. Sausage Sangers

Orang Australia sangat menyukai barbeque. Mereka selalu merayakan segala sesuatu dengan barbeque seperti pesta ulang tahun, piknik, pesta kantor, dan sebagainya. Orang Australia sangat bangga dengan produksi sosis mereka yang padat, renyah di luar, dan lembut serta berair di mulut saat dipanggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *