Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 10 Keju Spanyol Terkenal Hingga Mendunia, Part II

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 10 Keju Spanyol Terkenal Hingga Mendunia, Part II

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 10 Keju Spanyol Terkenal Hingga Mendunia, Part II Tahukah Sobat bahwa Spanyol adalah salah satu negara yang terkenal dengan produksi kejunya? Banyak dari keju Spanyol yang bahkan dilisensikan oleh Uni Eropa sendiri!

Jika Sobat pecinta keju, Sobat harus mencoba jenis-jenis keju dari Spanyol ini dan bandingkan rasanya! Apa saja keju terkenal di Spanyol yang harus Sobat ketahui nih? ini lah lanjutan dari part 1 sebelumnya yang sudah kita bahas ya guys…..

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Daftar TOP 10 Keju Spanyol Terkenal Hingga Mendunia, Part II

6. Tetilla Cheese

Keju berbentuk kerucut yang unik ini adalah keju yang terbuat dari susu sapi. Keju ini dibuat di Galicia Spanyol. Tidak hanya bentuknya yang unik, Tetilla juga memiliki rasa lemon dan rempah-rempah.

Keju tetilla merupakan jenis keju yang umum ditemukan dalam hidangan di wilayah Galicia. Biasanya dinikmati oleh penduduk setempat dengan roti dan anggur. Ingin mencobanya?

7. Olavidia Cheese

Olavidia adalah jenis keju susu sapi dengan tekstur krim mentega yang sangat lembut. Keju Olavidia memiliki warna putih yang khas. Ketika keju dipotong, Anda akan melihat urat-urat abu yang mirip dengan Morbier.

Keju ini memenangkan keju terbaik di Spanyol pada tahun 2018. Tidak berhenti sampai disitu, Olavidia kembali mendapatkan penghargaan di tahun berikutnya dari penghargaan dunia.

Uniknya, keju ini masih dibuat secara rumahan, menggunakan pasta lembut susu kambing yang dipasteurisasi secara perlahan. Keju ini memiliki kerak cetakan berwarna putih, di mana terdapat lapisan tipis berwarna abu yang tidak terlalu terlihat.

Baca Juga :
Part 1, Daftar TOP 10 Keju Spanyol yang Terkenal Hingga Mendunia, Bagi Pecinta Keju Wajib Tahu Dong ya…..!

Saat Anda memakan keju ini, Anda juga dapat mengonsumsi kerak dan garis abu yang melintang di tengah keju Olavidia.

Keju dengan rasa susu yang kuat ini memiliki masa simpan lima belas hingga dua puluh hari. Apakah Anda ingin mencobanya?

8. Cana de Oveja Cheese

Keju Cana de Oveja adalah salah satu keju langka dari Spanyol. Keju berwarna putih ini terbuat dari susu domba. Saat matang, keju ini memiliki kulit yang berkerut dan tebal. Bagian dalam kulit keju ini memiliki tekstur padat seperti pasta yang mudah rapuh dan sangat lembut.

Keju Cana de Oveja termasuk keju yang langka, karena sangat sulit untuk dimatangkan. Terutama keju dari daerah Murcia, yang terkenal dengan kambing Murcia.

Keju ini memiliki usia yang masih muda, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu sebelum akhirnya dipasarkan. Cana de Oveja juga memiliki rasa yang lebih kuat seiring bertambahnya usia. Rasa Cana de Oveja seperti mentega yang tajam. Aroma lemon dan gurihnya susu akan semakin sempurna saat Anda mengkonsumsinya dengan minuman favorit Anda. Apakah Anda ingin mencobanya?

Baca Juga :
Daftar TOP 15 Dessert Khas Spanyol, Ini yang Terenak di Dunia Lho Sobat!

9. Torta del Casar Cheese

Torta del Casar adalah keju Spanyol yang dibuat dari susu domba mentah di wilayah Extremadura, dekat perbatasan Portugis. selain namanya Keju Torta del Casar ternyata juga memiliki nama lain Casar de Cáceres, nama yang diambil dari kota asalnya.

Mereka yang membuat keju ini biasanya menyebutnya sebagai ‘atortao’. Nama ini berasal dari bentuknya yang seperti kue atau torta.

Keju ini juga merupakan keju yang sangat langka karena terbuat dari susu merino dan thistle rennet, ekstrak dari bunga rennet yang dibudidayakan tanpa menggunakan rekayasa genetika (Non GMO).

Kedua bahan tersebut memberikan rasa asam dan tajam pada keju, serta sedikit rasa pahit.

Keju ini didiamkan selama kurang lebih 60 hari, di mana Torta del Casar akan membentuk kerak dengan warna kuning dan sedikit cokelat, dengan tekstur yang sedikit keras pada kulit luarnya. Di bagian dalam, pasta keju memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat mudah dioleskan seperti krim dan hampir encer.

Keju yang memiliki aroma yang khas ini biasanya dinikmati sebagai hidangan pembuka atau hidangan penutup yang dioleskan di atas roti.

10. Burgos Cheese

Burgos Cheese juga dikenal sebagai ‘Queso de Burgos’, yang diambil dari nama provinsi dengan nama yang sama di wilayah Castille-Leon, Spanyol. Keju Burgos adalah keju putih bersih berbentuk roda dengan lekukan bergelombang di sisi-sisinya dan irisan bergerigi di bagian atas dan bawahnya. Keju yang tidak dipasteurisasi ini memiliki tekstur lembab yang kenyal dan lembut. Rasanya seperti susu segar, dengan sedikit rasa asam dan garam.

Keju Burgos dulunya dibuat dari susu domba, namun saat ini banyak yang membuatnya dengan mencampurkan susu sapi mentah atau yang sudah dipasteurisasi terlebih dahulu.

Dengan metode tradisional, keju Burgos membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk matang. Namun, saat ini dengan teknologi yang lebih canggih, Burgos memiliki waktu pematangan yang lebih lama yaitu sekitar 30 hari.

Biasanya, saat mengonsumsi keju ini, dipasangkan dengan makanan seperti madu, quince, dan kenari. Masyarakat lokal biasanya mengkonsumsi Burgos dengan anggur putih.

Dari 10 keju terkenal di Spanyol, mana yang ingin Anda coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *