Di tengah Kemelut dengan Rusia, Finlandia Akan Tentukan Presiden Baru

Di tengah Kemelut dengan Rusia, Finlandia Akan Tentukan Presiden Baru. Masyarakat Finlandia akan lakukan pengambilan suara pada Minggu (28 Januari) untuk pilih presiden baru.

Selainnya dipandang seperti cara pilih pimpinan seterusnya, ini terkait dengan bertambahnya kemelut dengan negara tetangga, Rusia semenjak agresi Ukraina.

Walaupun kekuasaan presiden terbatas, kepala negara yang bertindak selaku panglima paling tinggi angkatan membawa senjata Finlandia.

Nanti dapat menolong arahkan peraturan luar negeri bekerja sama dengan pemerintahan, yang bermakna peralihan lanscape geopolitik di Eropa, d ikutip dari situs Kanal News Asia, Minggu (28/1/2024).

Dua politikus terpenting pimpin survey dari 9 calon, yakni: bekas perdana mentri konvensional Alexander Stubb, dan bekas menteri luar negeri Pekka Haavisto dari Partai Hijau yang mencalonkan diri sebagai calon dari mandiri.

Pas ada di belakang calon paling depan ialah calon sayap kanan dari Partai Finlandia, Jussi Halla-aho, yang diyakinkan beberapa pakar bisa juga maju ke perputaran ke-2 .

Pengambilan suara dibuka pada jam 9 pagi waktu di tempat dan ditutup pada jam 8 malam.

Jalinan di antara Moskow dan Helsinki lebih buruk sesudah agresi Rusia ke Ukraina di tahun 2022, yang menggerakkan Finlandia untuk hentikan ketidaksejajaran militer sepanjang sejumlah dasawarsa dan gabung dengan NATO di bulan April 2023.

Republik Finlandia sukses masuk NATO sebagai anggota ke-31. Gabungnya Finlandia ini terjadi sesudah Rusia memperlancar agresi ke negara tetangganya sendiri, yaitu Ukraina. Finlandia bersebelahan dengan Rusia.

Disampaikan VOA Indonesia, Rabu (12/12/2023), di bulan April, Finlandia dengan cara resmi jadi anggota NATO ke-31.

Di tengah Kemelut dengan Rusia, Finlandia Akan Tentukan Presiden Baru.

Di tengah Kemelut dengan Rusia, Finlandia Akan Tentukan Presiden Baru.

Sauli Niinisto, Presiden Finlandia senang secara gabungnya negara tersebut. “Sebuah zaman baru sudah diawali. Tiap negara mengoptimalkan keamanan mereka sendiri. Demikian dengan Finlandia. Keanggotaan NATO perkuat posisi internasional kami dan ruangan untuk bergerak.”

Swedia tetap menanti. Turki, yang telah jadi anggota NATO, sudah tunda persetujuannya, dengan mendakwa Swedia sudah sembunyikan beberapa orang yang dipandang teroris oleh Turki.

Beberapa anggota parlemen Turki, tetap membahas permintaan Swedia.

Sekjen NATO, Jens Stoltelberg mengharap Majelis Nasional bisa menuntaskan dialog berkaitan ini selekasnya hingga mereka bisa menuntaskan ratifikasi untuk Swedia.

NATO sudah tingkatkan support untuk Ukraina pada 2023, dengan mengkooordinasikan pengangkutan senjata dan pelatian dari beberapa negara anggotanya.

Dalam tatap muka tahunannya di Vilnius, koalisi ini memperjelas lagi tempatnya jika Ukraina bisa menjadi anggota NATO dan sederhanakan beberapa tahap untuk negara itu untuk diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *