PLN Suplai KEK Palu dengan 3 Infrastruktur Kelistrikan Baru

PLN Suplai KEK Palu dengan 3 Infrastruktur Kelistrikan Baru. PT PLN (Persero) memasok tegangan pertama (energize) yang dari 3 Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) baru untuk peningkatan Teritori Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sulawesi tengah. Dengan aktualisasi Tingkat Elemen Dalam Negeri (TKDN) capai 84 %.

Direktur Khusus PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, sebagai perusahaan yang dikasih amanat ketenagalistrikan, PLN terus tingkatkan keunggulan listrik buat memberikan dukungan kegiatan dan geliat ekonomi warga.

“Listrik adalah jantungnya ekonomi di Indonesia. Kami mengucapkan syukur mekanisme kelistrikan di Sulawesi tengah sukses kita tambahkan keandalannya. Hingga sama ini kita mengharap program hilirisasi dan peningkatan KEK di Palu dapat tumbuh krusial,” tutur Darmawan, Minggu (21/1/2024).

Darmawan meneruskan, kedatangan infrastruktur ketenagalistrikan ini berperan tingkatkan mekanisme kelistrikan Sulawesi tengah. Disamping itu, jaringan ini siap juga memberikan dukungan pendistribusian supply listrik dari pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

General Manajer PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Josua Simanungkalit sampaikan, tiga PIK yang sukses disetrum oleh Unit Eksekutor Project (UPP) Sulawesi tengah mencakup Gardu Induk (GI) 150 kilovolt (kV) Tawaeli (New), Aliran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Tawaeli-Talise, dan GI 150kV Talise (Ext).

“Kami lebih dulu melakukan pengetesan pada setiap perlengkapan dan sesudah semua siap karena itu keluar Referensi Layak Bertegangan (RLB). Lantas selanjutnya kami lakukan proses energize,” jelasnya.

Josua menerangkan, tempat GI 150 kV Tawaeli ada di Kelurahan Baiya dan GI 150kV Talise (Ext) ada di Kelurahan Talise Valangguni. Dua GI itu selanjutnya disambungkan oleh SUTT 150 kV Tawaeli-Talise dengan jaringan sepanjang 43,17 km sirkuit (kms) dan 67 tower transmisi yang melewati 4 kecamatan, 8 kelurahan dan 2 dusun.

PLN Suplai KEK Palu dengan 3 Infrastruktur Kelistrikan Baru

PLN Suplai KEK Palu dengan 3 Infrastruktur Kelistrikan Baru

“Nanti GI 150kV Tawaeli (New) yang mempunyai kemampuan transformator sejumlah 60 MVA. Bisa memasok 36 ribu pelanggan baru di Kota Palu dan sekelilingnya,” ujarnya.

PT PLN (Persero) tidak bermain-main saat meningkatkan pembangkit energi baru terbarukan (EBT). Bisa dibuktikan, PLN sudah menuntaskan 28 pembangkit EBT baru sepanjang 2023, Disamping itu. PLN sudah jalankan program dedieselisasi dengan pembangunan jaringan transmisi dan jaringan distribusi sampai peningkatan green hydrogen.

direktur khusus PLN Darmawan Prasodjo menerangkan. PLN memiliki komitmen penuh memberikan dukungan Pemerintahan lakukan peralihan energi sebagai cara vital kurangi imbas peralihan cuaca.

“Kami memotong keterikatan kami pada fosil. Sudah pasti, kami hadapi sejumlah rintangan saat lakukan peralihan energi. Tetapi ketika yang masih sama, kami punyai banyak kesempatan lewat kerjasama,” tutur Darmawan dalam info tercatat, Jumat (5/1/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *