Rekomendasi 10 Sungai Terindah di Asia, So Beautiful Banget Lho Guys!

Rekomendasi 9 Sungai Terindah di Asia, So Beautiful Banget Lho Guys!

Rekomendasi 9 Sungai Terindah di Asia, So Beautiful Banget Lho Guys! Dahulu sungai digunakan sebagai jalur transportasi dari satu tempat ke tempat lain, namun kini beberapa sungai tidak hanya digunakan sebagai jalur transportasi, namun juga digunakan sebagai tempat wisata. Karena keindahan panorama alam yang ada di sekitar sungai itu sendiri. Yang menarik adalah, ada cukup banyak wisata susur sungai terbaik di Asia. Berikut adalah 10 pelayaran sungai terbaik di Asia.

Rekomendasi 9 Sungai Terindah di Asia, So Beautiful Banget Lho Guys!

1. Sungai Chao Phraya, Thailand

River cruise pertama yang akan dibahas adalah sungai Chao Phraya yang berada di kota Bangkok, Thailand. Tidak hanya indah di siang hari, sungai ini juga terlihat indah di malam hari.

Anda bisa menikmati suasana perkotaan yang kental, dengan pemandangan sungai Chao Phraya dengan menggunakan kapal pesiar. Khususnya di lantai 2 dengan area terbuka, pengunjung akan disuguhkan dengan open kitchen, hiburan menarik pada saat makan malam.

Pada malam hari, Anda dapat melihat kota Bangkok yang terlihat tenang, namun tetap terlihat meriah. Apalagi di Asiatique the Riverfront, terlihat menyala, karena dikelilingi oleh berbagai gedung pencakar langit.

Sungai Chao Phraya sendiri telah menjadi sarana transportasi penting sejak berdirinya Bangkok, yaitu pada tahun 1782.

Wat Arun Temple in bangkok asia Thailand

2. Sungai Melaka, Malaysia

Wisata susur sungai terbaik di Asia selanjutnya adalah sungai Melaka di Malaysia. Dimana kali ini Anda akan diajak untuk menjelajahi kota tua yang eksotis, Melaka, dengan menggunakan perahu.

Tur ini akan melewati kota tua Melaka dengan menyusuri sungai. Mulai dari gedung Stadthuys yang didirikan oleh Belanda, namun berarsitektur Portugis, dan ada juga perkampungan hasil akulturasi budaya Melayu dan Cina.

Yang tidak banyak disadari oleh banyak orang adalah, sungai ini merupakan saksi bisu, tentang Melaka, sejak kedatangan Belanda pada tahun 1641 hingga 1795. Dimana Belanda sendiri, tidak terlalu fokus membangun Melaka, melainkan membangun Batavia.

3. Trang An, Ninh Binh, Vietnam

Rekomendasi 9 Sungai Terindah di Asia, Trang An sendiri merupakan sebuah Taman Nasional yang dekat dengan Ninh Binh, yang berada di Vietnam. Dimana kawasan tersebut merupakan kompleks lanskap Trang An Scenic, yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Kali ini para wisatawan akan diajak untuk menikmati hutan, dan tebing-tebing tinggi di sepanjang sungai Trang An. Tidak hanya itu, wisatawan juga diajak untuk menikmati berbagai gua yang ada di tebing, dan dialiri sungai. Bahkan para wisatawan dapat menjelajahi kawasan tersebut hingga jauh ke dalam perut bumi dengan menggunakan perahu.

4. Clarke Quay, Singapura

Yang satu ini lebih mirip taksi air. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan sungai Melaka, dimana kali ini wisatawan akan diajak untuk menikmati Singapura di masa lalu, hingga ke sisi modern. Dimana kali ini Singapore River Cruise sendiri memiliki drop point di Clarke Quay, Boat Quai dan juga Merlion Park.

5. Tombori River Cruise, Jepang

Beralih ke Jepang, kali ini Anda akan mengunjungi kota Don Donburi. Dimana ini merupakan salah satu kota yang padat dengan kehidupan perkotaan di Jepang. Namun yang menarik adalah, Anda bisa menikmati kota tersebut dari sisi sungai, yaitu Tombori. Kali ini para wisatawan akan diajak berlayar di sungai yang agak sempit, dengan menggunakan Tombori River Cruise, dengan durasi sekitar 20 menit.

Perahu akan berangkat dari dermaga di jembatan Yazaemon Bashi. Di sepanjang sungai, mata Anda akan disuguhkan dengan lalu lintas kota yang tenang, sisi kota yang selalu riuh dengan pertokoan, pejalan kaki, dan mobil-mobil yang lalu lalang. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang unik bagi para pelancong.

6. Sungai Kapuas, Pontianak, Indonesia

Selain dikenal sebagai kota Khatulistiwa, Pontianak juga dikenal dengan banyaknya sungai. Salah satu yang paling terkenal adalah Sungai Kapuas. Kali ini, susur sungai akan dilakukan dari dermaga di Alun Alun Kapuas.

Jika biasanya Anda akan menjelajahi keindahan panorama sungai dengan menggunakan kapal pesiar, maka tidak ketika Anda mengunjungi Sungai Ayung di Bali, Indonesia. Lebih tepatnya, ini akan menjadi lokasi susur sungai yang menarik, sekaligus menantang adrenalin Anda.

Karena di tempat ini, Anda akan menikmati indahnya pemandangan alam di sepanjang sungai dengan menggunakan perahu karet, atau dengan arung jeram.

Di sepanjang jalur sungai, wisatawan akan diajak untuk menikmati indahnya pedesaan, hijaunya persawahan, air terjun, dan juga relief-relief indah, yang sengaja diukir di beberapa tebing di sepanjang sungai. Yang pasti, objek wisata ini terbilang aman untuk keluarga. Karena memiliki berbagai tingkatan jeram dan aman untuk pemula.

7. Sungai Han Korea Selatan

Jika Anda berkunjung ke Korea Selatan, ada baiknya jika Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke sungai Han, dimana sungai ini termasuk dalam salah satu wisata arung jeram terbaik di Asia.

Menggunakan kapal bernama Eland Cruise, yang dapat menampung sekitar 100 penumpang, wisatawan kali ini akan diajak berkeliling selama 40 menit. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan gedung-gedung tinggi, dan pemandangan alam yang indah dari bawah jembatan. Menariknya di sepanjang perjalanan, Anda bisa memberi makan burung-burung camar yang terlihat sangat jinak.

8. Sungai Yangtze, Tiongkok

Jika Indonesia memiliki sungai Kapuas yang terkenal, maka China memiliki sungai Yangtze. Termasuk sungai terpanjang di China, sungai ini telah lama digunakan sebagai salah satu jalur transportasi air utama. Kali ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan sungai Yangtze, dari atas kapal pesiar.

Di sepanjang sungai, wisatawan akan diajak untuk menikmati beberapa spot wisata yang cukup menarik, seperti Fengdu Ghost City, yang berada di bagian utara provisi Chongqing, China. Selanjutnya adalah Zhangjiajie, yang situasinya mirip dengan film Avatar.

9. Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra, India

Terakhir, ada pesiar sungai Gangga dan Brahmaputra yang berasal dari India. Dengan menggunakan kapal pesiar Avalon Waterways, Anda akan diajak untuk menikmati beberapa desa yang indah di sepanjang sungai, dan mengunjungi beberapa kuil di sepanjang perjalanan.

Sedangkan saat menyusuri sungai Brahmaputra, Anda akan diajak untuk menikmati wisata fauna, seperti menikmati badak dengan 1 cula, harimau benggala, dan lain-lain.

Itulah beberapa wisata sungai terbaik di Asia yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, dan berniat untuk berwisata ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati objek wisata baru, yaitu menyusuri sungai yang indah. Hal ini tentu akan menjadi kenangan tersendiri, karena Anda melakukan liburan yang menarik dan berbeda dari liburan biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *