Berita Bisnis : Ganjar Sebutkan Project Kapal Selam PT PAL dan Korea Selatan Diurungkan Prabowo, Ini Profile PT PAL

Berita Bisnis : Ganjar Sebutkan Project Kapal Selam PT PAL dan Korea Selatan Diurungkan Prabowo, Ini Profile PT PAL. Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberi komentar penangguhan project bekerja sama pembikinan kapal selam di antara PT PAL dan Korea Selatan. Menurut Ganjar, penangguhan itu dilaksanakan Prabowo Subianto, capres nomor urut dua, yang memegang sebagai Menteri Pertahanan RI.

Dalam diskusi calon presiden ke-3 Pemilihan presiden 2024, yang berjalan pada 7 Januari 2024 di Istana olahraga Senayan, Jakarta Pusat, Ganjar minta verifikasi berkaitan hal itu, “Saat kita telah mengawali project kapal selam bekerja sama dengan Korea Selatan, tetapi sayang project itu diurungkan oleh Bapak (Prabowo). Minta verifikasinya, bila saya salah.”

Diskusi calon presiden ini adalah diskusi ke-2 dari 5 serangkaian diskusi yang direncanakan oleh KPU saat sebelum Pemilu Presiden 2024 pada 14 Februari kedepan. Topik diskusi ini kali mengikutsertakan desas-desus pertahanan, keamanan, geopolitik, dan jalinan internasional.

Awalnya, Ganjar sudah bertanya ke Prabowo berkenaan fokus pertahanan dalam negeri, apa konsentrasinya pada darat, laut, atau udara. Ganjar mengutarakan pandangan jika teror dari darat tidak demikian krusial karena sebagian besar daerah Indonesia ialah laut. Dia selanjutnya menerangkan jika penting untuk tingkatkan pertahanan laut, termasuk pemakaian sonar dan sensor.

“Kenaikan itu, Pak, telah saya berikan sejak awal kali. Kenapa perkembangan harus kuat, kenapa industri dalam negeri jadi fokus utama, bahkan juga saya sebut barusan di mana tank dibikin. Supaya kita dapat stabil dalam rencana pembangunan,” kata Ganjar.

Berita Bisnis : Ganjar Sebutkan Project Kapal Selam PT PAL dan Korea Selatan Diurungkan Prabowo, Ini Profile PT PAL

Berita Bisnis : Ganjar Sebutkan Project Kapal Selam PT PAL dan Korea Selatan Diurungkan Prabowo, Ini Profile PT PAL

Dikutip dari Pal.co.id, Perseroan Terbatas ini adalah industri vital punya BUMN yang menghasilkan alat khusus mekanisme pertahanan Indonesia terutama untuk matra laut.

Sebagai negara maritim dengan tempat geografis tropis dan vital antara dua benua (Asia dan Australia). Dan dua samudera (Hindia dan Pasifik). Indonesia berpotensi ekonomi dan kesempatan peningkatan industri kelautan yang bisa jadi kemampuan ekonomi nasional bila dieksploitasi baik.

Perseroan itu bermula dari galangan kapal jaman wargaan Belanda namanya MARINE ESTABLISHMENT (ME) yang dibangun pada 1939. PT PAL Indonesia (Persero)kemudian disahkan oleh Pemerintahan Belanda.

Sepanjang wargaan Jepang, perusahaan ini ganti nama jadi Kaigun SE 2124. Sesudah kemerdekaan, perusahaan ini dinasionalisasi jadi Penataran Angkatan Laut (PAL), selanjutnya pada 1980. Berbeda status jadi Perseroan Terbatas berdasar Ketentuan Pemerintahan Nomor empat tahun 1980.

Peranan PT PAL Indonesia (Persero) makin diperlebar sesudah diterapkannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 mengenai industri pertahanan. Yang memberi peranan lebih luas untuk BUMN vital. Sesuai UU itu, PT PAL Indonesia (Persero) bertanggungjawab secara professional saat memberikan dukungan penyukupan kebutuhan Alutsista matra laut. Dan berperanan sebagai pemandu khusus (lead integrator) matra laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *