Rekomendasi 7 Gunung Tertinggi di Thailand yang Wajib Sobat Kunjungi!

Rekomendasi 7 Gunung Tertinggi di Thailand yang Wajib Sobat Kunjungi!

Rekomendasi 7 Gunung Tertinggi di Thailand yang Wajib Sobat Kunjungi! Sahabat Kidlid, setiap negara tentu memiliki keindahan alam yang menakjubkan, begitu juga di Thailand. Di sana terdapat gunung tertinggi di Thailand yang menyuguhkan panorama alam yang mempesona. Beragam gunung menyuguhkan pesonanya masing-masing, sehingga tak heran jika banyak yang mengunjunginya baik lokal maupun mancanegara. Ingin tahu gunung-gunung apa saja? Mari kita simak berikut ini.

Rekomendasi 7 Gunung Tertinggi di Thailand yang Wajib Sobat Kunjungi!

1. Gunung Doi Inthanon

Thailand, sebagai salah satu negara anggota ASEAN, menonjol dengan keunikan budaya dan keindahan alamnya. Selain pantai-pantainya yang terkenal, Thailand juga memiliki gunung-gunung yang menakjubkan, seperti gunung Doi Inthanon. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Thailand, Doi Inthanon memiliki daya tarik yang tak tertandingi.

Dikenal sebagai “Atap Thailand”, gunung ini menawarkan pengalaman yang luar biasa melalui jalur pendakian, desa-desa terpencil, air terjun yang spektakuler, dan pengamatan burung.

Terletak di wilayah Chiang Mai di Thailand utara, Doi Inthanon mencakup area seluas 482 km dan memiliki beragam flora dan fauna. Dari pohon cemara kering hingga hutan awan, lingkungan alamnya sangat kaya.

Gunung Doi Inthanon, bagian dari pegunungan Himalaya di Thailand, dapat dicapai sekitar 120 km dari pusat kota Chiang Mai, memberikan pengalaman alam yang tak terlupakan.

2. Gunung Doi Chiang Dao

Jika mendaki gunung atau mendaki gunung adalah kegemaran Anda, gunung Doi Chiang Dao di Thailand harus ada dalam daftar perjalanan Anda. Gunung ini dikenal sebagai gunung tertinggi di Thailand dan merupakan suaka margasatwa populer yang dikelola oleh pemerintah.

Puncaknya berada di ketinggian 2.175 meter di atas permukaan laut. Dari puncak ini, Anda dapat menikmati pemandangan hijau yang menakjubkan dan keindahan burung-burung eksotis Thailand. Doi Chiang Dao juga merupakan rumah bagi banyak spesies flora dan fauna langka, menjadikannya tempat yang unik di Thailand.

Dengan lebih dari 300 spesies burung, termasuk burung nuthatch raksasa yang langka, Anda akan merasakan kekayaan alam yang luar biasa. Perjalanan menuju puncak memerlukan bermalam di sebuah kamp di dekat puncak, yang memberi Anda kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang memukau.

3. Gunung Doi Pha Hom Pok

Doi Pha Hom Pok, gunung tertinggi kedua di Thailand memiliki ketinggian 2.285 meter di atas permukaan laut. Terletak di perbatasan barat laut dengan distrik Fang, timur dengan Mae Ai, selatan dengan Doi Ang Khan, dan barat di perbatasan Burma, gunung ini memiliki pesona yang unik.

Selain ketinggiannya, Doi Pha Hom Pok juga memiliki sumber air panas dan geyser yang luas, disertai dengan pemandian alami yang cocok untuk relaksasi pengunjung. Hanya dalam waktu dua jam berjalan kaki dari puncak Doi Pha Hom Pok, Anda akan menemukan air terjun dan gua-gua yang memukau.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi gunung tertinggi di Thailand ini, disarankan untuk berkemah semalam di puncaknya untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan. Dengan berbagai atraksi alamnya, Doi Pha Hom Pok adalah tujuan yang sempurna bagi para pencinta alam dan pendaki gunung.

4. Gunung Khao Mokochu

Gunung Khao Mokochu, gunung berikutnya dalam daftar gunung tertinggi di Thailand, terletak di daerah Mae Wong, di provinsi Kamphaeng Phet dan Nakhon Sawan di Thailand Barat.

Dilihat dari struktur geografisnya, gunung ini memiliki bukit-bukit yang panjang dan curam. Khao Mokochu merupakan gunung tertinggi ke-3 di Thailand yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Namun, akses menuju tempat ini terbatas dan tidak dapat diakses oleh transportasi umum.

Para pendaki disarankan untuk membawa kaus kaki untuk menghindari lintah dan juga obat nyamuk, terutama saat musim hujan. Hal ini akan membantu mengurangi gangguan serangga selama pendakian. Di dalam taman nasional, tidak ada pilihan transportasi umum, sehingga kendaraan pribadi sangat penting.

Selama musim hujan, disarankan untuk membawa obat nyamuk dan kaus kaki khusus untuk menghindari lalat dan serangga pengganggu lainnya. Dengan keindahan alamnya, Khao Mokochu merupakan tujuan pendakian yang menarik bagi para pecinta alam.

5. Gunung Doi Mae Tho

Doi Mae Tho, juga dikenal sebagai Doi Langka Luang atau Doi Langka, adalah gunung tertinggi di Thailand dan memiliki ketinggian sekitar 2.031 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di bagian Distrik Wiang Pa Pao, provinsi Chiang Rai, berdekatan dengan Lampang dan Chiang Mai.

Keunikan lainnya adalah Doi Mae Tho masuk dalam Kawasan Taman Nasional Thailand yang dikenal sebagai surga alam di dunia. Dari gunung ini, Anda akan disuguhkan pemandangan luar biasa yang sangat memukau. Pemandangan alam yang ditawarkan di puncak gunung Doi Mae Tho benar-benar memukau.

Tentu saja menambah daya tariknya sebagai destinasi hiking dan trekking. Terletak di dalam taman nasional, pengalaman di Doi Mae Tho menjanjikan petualangan yang tak terlupakan di tengah-tengah alam Thailand yang megah.

6. Gunung Ang Khang

Doi Ang Khang, gunung tertinggi di Thailand, terletak di Distrik Mae-Ngon, Chiang Mai. Dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan suhu yang sejuk berkisar antara 17,7 hingga 21 derajat Celcius.

Area di sekitar gunung yang membentang sepanjang 5 kilometer ini terdiri dari lembah-lembah yang menambah pesonanya. Pada bulan Januari atau musim hujan, suhu bisa turun hingga -3 derajat Celcius. Doi Ang Khang, sebagai destinasi alam yang indah di Thailand, menawarkan panorama yang luar biasa.

Fakta menarik lainnya, pada tahun 1969, Raja Bhumibol Adulyadej mendirikan stasiun penelitian pertama di gunung ini. Doi Ang Khang juga merupakan situs pertanian yang dilindungi oleh pemerintah Thailand. Keindahan dan nilai historis dari gunung ini menambah daya tariknya sebagai tempat pendakian dan pendakian gunung yang tak terlupakan di Thailand.

7. Gunung Doi Suthep

Gunung Doi Suthep, merupakan gunung tertinggi berikutnya di Thailand dengan ketinggian 7676 meter di atas permukaan laut.

Berada di dalam Taman Nasional Doi Suthep-Puiyang yang didirikan pada tahun 1981, Doi Suthep menyuguhkan kekayaan alam Thailand yang memukau dan menakjubkan. Tidak hanya itu, gunung ini juga menjadi rumah bagi sebuah kuil bersejarah yang disebut Wat Phra That Doi Suthep.

Kuil ini menambah nilai historis dan spiritual dari gunung tersebut. Sebagai tempat ibadah, kuil ini banyak dikunjungi oleh banyak orang, terutama warga Thailand. Wat Phra That Doi Suthep telah diakui sebagai situs warisan Buddha yang sakral.

Tempat ini memberikan pengalaman spiritual dan keindahan alam yang tak tertandingi. Dengan kekayaan alam dan budayanya, Gunung Doi Suthep menjadi destinasi menarik bagi para pelancong yang ingin menjelajahi sejarah dan menikmati pemandangan yang indah.

Itulah 7 gunung tertinggi di Thailand yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Berdiri di atas permukaan dengan gagahnya menyuguhkan keindahan yang memukau. Setiap gunung menawarkan pesona dan ciri khas tersendiri. Sangat menarik bukan? Jika Anda tertarik, silahkan mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *