Fakta pencuri kembalikan motor lewat Kang Ojek di Kulon Progo

Fakta pencuri kembalikan motor lewat Kang Ojek di Kulon Progo

Fakta pencuri kembalikan motor lewat Kang Ojek di Kulon Progo Seorang pencuri mengembalikan sepeda motor Honda Beat yang dicurinya kepada pemiliknya, Siti Choiriyah (41) di Kabupaten Kulon Progo. Pria yang aksi pencuriannya viral di media sosial ini menitipkan motor curiannya kepada seorang tukang ojek.

Motor Dicuri Saat Diparkir di Samping Rumah

Kasubag Humas Polres Kulon Progo, AKP Triatmi Noviartuti mengatakan, kejadian ini bermula saat Siti Choiriyah pulang dari bepergian dan memarkirkan motor Beat bernomor polisi AB 5512 QL miliknya di samping rumahnya, Worawari, Kelurahan Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (5/7) pukul 15.00 WIB. Saat itu kunci motor masih menancap di motor.

Aksi pelaku terekam CCTV

Belakangan diketahui bahwa sepeda motor tersebut adalah hasil curian. Dari rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi, tampak seorang pria tak dikenal membawa kabur motor berwarna hitam tersebut.

Video CCTV yang memperlihatkan aksi pencuri motor tersebut menjadi viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @kabarkulonprogo pada Jumat (5/7) malam.

Pelaku yang mengenakan jaket, celana panjang, dan topi itu awalnya terlihat berjalan di dekat TKP. Sesaat kemudian ia sudah membawa kabur sebuah sepeda motor.

Sepeda Motor Dikembalikan ke Pemiliknya

Di tengah proses penyelidikan, polisi mendapat informasi bahwa sepeda motor yang hilang telah kembali kepada pemiliknya. Motor tersebut dikembalikan pelaku melalui perantara tukang ojek pada Rabu (10/7) sore atau hampir sepekan sejak dinyatakan hilang.

Bermula saat kerabat Siti, Ari Sasmita, didatangi seorang tukang ojek yang mengabarkan bahwa ada motor yang dititipkan kepada keluarga Siti. Sepeda motor tersebut berada di pangkalan ojek di daerah Dudukan, Sentolo.

Kesaksian tukang ojek

Tukang ojek tersebut adalah Surono, warga Sentolo. Surono mengaku tidak mengetahui bahwa orang yang membawa sepeda motor tersebut adalah pencuri.

“Iya, tadi saya yang bawa motornya, tapi saya tidak tahu kalau dia maling motor,” ujar Surono saat ditemui detikJogja di sekitar Pasar Sentolo Baru, Kamis (11/7).

Sore hari, ia berjualan tahu goreng bersama istrinya di depan Pasar Sentolo Baru.

Saat itulah ia dihampiri oleh seorang pria yang tiba-tiba memarkir motornya di depan pangkalan. Pria tersebut kemudian meminta tolong kepada Surono dan tukang ojek lainnya untuk mengantarkan motor yang dibawanya ke sebuah alamat.

Fakta pencuri kembalikan motor lewat Kang Ojek di Kulon Progo

“Setelah menyiapkan gorengan, saya mampir ke pangkalan ojek sekitar pukul 16.30 WIB. Lalu ada seseorang, katanya mencari tiga tukang ojek. Tapi di sana hanya ada saya dan teman saya, jadi saya tanya apa hanya berdua saja. Lalu dia langsung menaruh motor yang dibawanya,” katanya.

“Lalu saya diminta untuk mengantarnya ke alamat ini. Sedangkan motor yang dibawanya ditinggal di pangkalan, diurus oleh teman saya,” tambahnya.

Pria misterius itu hanya mengatakan ingin mengantarkan sepeda motor tanpa menjelaskan alasan pastinya. Surono pun tak menaruh curiga.

“Saya tidak curiga apa-apa, malah saya pikir orang ini mungkin ada masalah keluarga atau apa, yang pasti saya tidak menyangka kalau dia maling,” jelasnya.

Singkat cerita, Surono sempat mengantarkan pria tersebut ke alamat yang dituju, yakni rumah Siti Choiriyah, warga Worawari, Sukoreno, Sentolo. “Katanya ini rumahnya pak, nanti motornya diantar ke sini,” katanya.

Kemudian pria tersebut membawa Surono pergi dan meminta diturunkan di depan Rumah Makan De Atemos, kurang dari 1 km dari pangkalan ojek Dudukan.

“Mas Ari itu tetangga dan kerabatnya. Saya langsung memberi tahu dia kalau ada orang yang menitipkan motor Beat hitam di pangkalan ojek Dudukan. Kemudian saya langsung cek ke pos, dan di sini saya baru tahu kalau motor itu hasil curian,” katanya.

Surono mengaku menyesal karena tidak menaruh curiga kepada pria misterius tersebut. “Kalau saya tahu itu (pencuri) bisa diamankan bersama tukang ojek lainnya,” katanya.

Ciri-ciri pelaku menurut pengamatan Surono adalah seorang pria berusia sekitar 30 tahun, mengenakan celana hitam dan kemeja lengan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *