6 Buah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Berisiko untuk Janin

6 Buah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Berisiko untuk Janin

6 Buah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Berisiko untuk Janin Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, salah satunya adalah buah-buahan. Namun, ada beberapa buah yang menjadi pantangan ibu hamil sehingga lebih baik dihindari.

Namun bagi ibu hamil, tidak semua buah bermanfaat bagi kesehatan diri dan janin. Bahkan, ada buah-buahan yang berisiko mempengaruhi kesehatan ibu dan janinnya.

6 Buah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Berisiko untuk Janin

Lantas, apa saja buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil?

Buah-Buahan yang Sebaiknya Dihindari untuk Ibu Hamil
Dilansir laman Life Cell, berikut beberapa buah tersebut:

1. Pepaya Muda

Buah yang pertama adalah pepaya muda. Alasan mengapa pepaya muda dilarang untuk ibu hamil adalah karena mengandung zat lateks yang dapat menggugurkan kandungan.

Pepaya yang sudah matang masih bisa dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengatasi sembelit serta meredakan morning sickness.

2. Nanas Muda

Bagi ibu hamil yang masih memasuki masa awal kehamilan, sebaiknya hindari mengkonsumsi nanas muda. Hal ini dikarenakan adanya enzim bromelain yang terdapat di dalam buah tersebut.

Apabila mengkonsumsi nanas muda secara berlebihan, bromelain dapat memicu terjadinya pendarahan rahim dan menstruasi yang berat. Buah nanas sendiri juga memiliki sifat uterotonik yang dapat memicu kontraksi rahim.

Namun, nanas yang sudah matang masih aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, dan serat dapat membantu perkembangan janin.

Sebelum dikonsumsi, pastikan Anda merendam nanas dalam air garam untuk menghilangkan getahnya. Mengonsumsi selai nanas juga aman untuk ibu hamil, namun batasi agar tidak berlebihan karena mengandung kadar gula yang tinggi.

3. Anggur

Buah selanjutnya yang masuk dalam daftar adalah anggur. Hal ini dikarenakan anggur memiliki rasa asam yang dapat menyebabkan mual atau muntah bagi ibu hamil.

Anggur juga mengandung resveratrol yang tinggi. Kandungan tersebut berpotensi menjadi racun bagi ibu hamil yang hormonnya tidak seimbang dan dapat memicu sejumlah komplikasi selama kehamilan.

Ada juga varian anggur yang perlu dihindari, yaitu anggur hitam. Sebab, mengonsumsi anggur hitam akan lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan ibu hamil.

4. Stroberi

Sebenarnya buah stroberi masih aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Namun, sebaiknya konsumsi stroberi secukupnya saja, terutama bagi Anda yang memiliki alergi terhadap buah berwarna merah ini.

Ada rasa kekhawatiran jika stroberi dapat memperpanjang waktu perdarahan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap hal ini.

5. Durian

Durian merupakan salah satu buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Masalahnya, durian mengandung senyawa mirip alkohol yang dapat menyebabkan perut terasa panas.

Selain itu, durian juga mengandung asam arakidonat yang merupakan senyawa prekursor atau senyawa pemicu terbentuknya prostaglandin. Senyawa tersebut dapat merangsang kontraksi rahim, sehingga berisiko menyebabkan keguguran pada trimester pertama atau abortus prematur pada kehamilan di bawah usia kehamilan 36 minggu.

Senyawa ini juga dikhawatirkan dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat ibu hamil berisiko mengalami keguguran.

6. Rambutan

Rambutan adalah salah satu buah yang paling populer di masyarakat. Meski mengandung banyak nutrisi dan rasanya yang enak, namun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebab, rambutan yang terlalu matang biasanya mengandung sedikit alkohol yang tentunya berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Kemudian, rambutan yang terlalu matang juga mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga berisiko bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Itulah keenam buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *