Atlet Indonesia yang Pernah Membawa Obor Olimpiade

Atlet Indonesia yang Pernah Membawa Obor Olimpiade

Atlet Indonesia yang Pernah Membawa Obor Olimpiade Pembawa obor Olimpiade biasanya adalah atlet yang mewakili berbagai negara peserta pesta olahraga dunia Olimpiade. Indonesia juga pernah berpartisipasi sebagai pembawa obor olimpiade atau torch relay.

Atlet Indonesia yang Pernah Membawa Obor Olimpiade

Api obor Olimpiade merupakan salah satu simbol untuk memulai pembukaan pesta olahraga dunia Olimpiade. Api obor akan dibawa secara estafet menuju tujuan akhir di stadion yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

Berikut ini beberapa atlet Indonesia yang pernah berpartisipasi membawa api obor Olimpiade:

1. Rossy Pratiwi Dipoyanti, Olimpiade Atlanta 1996

Melansir dari situs resmi Komite Olimpiade Indonesia, salah satu atlet Indonesia yang pernah membawa obor Olimpiade adalah Rossy Pratiwi Dipoyanti pada Olimpiade Atlanta 1996.

Rossy sempat membawa api obor Olimpiade Atlanta pada acara fun run torch relay sesaat sebelum upacara pembukaan dengan berlari sejauh 500 meter mewakili Indonesia. Ia adalah atlet dari cabang olahraga tenis meja yang telah dua kali mewakili Merah Putih di Olimpiade, yaitu di Barcelona 1992 dan Atlanta 1996.

Ia mencapai babak 16 besar di Olimpiade Barcelona 1992. Selain itu, ia juga telah mengoleksi 13 keping emas sepanjang sejarah SEA Games, pernah tampil di Asian Games saat masih duduk di bangku kelas 2 SMP.

2. Stephanie Handojo, Olimpiade London 2012

Handojo dipercaya mewakili Indonesia sebagai pembawa obor Olimpiade London 2012. Stephanie berhasil menyisihkan ribuan anak di dunia dan terpilih menjadi 20 anak yang tampil di ajang bergengsi Olimpiade tersebut.

Akan membawa obor Olimpiade London dengan jarak 300 meter, namun panitia menetapkan 600 meter yang harus dibagi dengan 10 orang lainnya.

Stephanie menjadi anak penyandang disabilitas pertama yang menjadi pembawa obor di ajang olahraga terbesar di dunia ini. Stephanie adalah merupakan seorang atlet dari cabang olahraga renang. Bahkan, ia memenangkan medali emas Special Olympic Games 2011 di Athena untuk cabang olahraga renang.

3. Bambang Pamungkas, Olimpiade London 2012

Atlet indonesia Bambang Pamungkas juga terpilih menjadi salah satu perwakilan pembawa obor Olimpiade London 2012 dari kalangan atlet.

Bambang Pamungkas atau yang biasa dikenal dengan nama panggilan Bepe ini merupakan atlet dari cabang olahraga sepak bola. Bepe yang pernah menjabat sebagai kapten tim Persija dan tim nasional Indonesia ini membawa obor tersebut di kota Manchester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *