5 Pemain Tim Italia yang Selalu Bermain di Fase Grup Euro 2024

5 Pemain Tim Italia yang Selalu Bermain di Fase Grup Euro 2024

5 Pemain Tim Italia yang Selalu Bermain di Fase Grup Euro 2024 Timnas Italia sudah menyelesaikan tiga pertandingan fase grup Euro 2024. Dalam tiga laga tersebut, ada lima pemain yang selalu dimainkan pelatih Luciano Spaletti. Salah satunya adalah Riccardo Calafiori.

5 Pemain Tim Italia yang Selalu Bermain di Fase Grup Euro 2024

Italia berada di Grup B pada Euro 2024 nanti. Bersaing dengan Spanyol, Albania, dan Kroasia, Italia mampu finis di peringkat kedua klasemen akhir dengan raihan empat poin.

Setelah itu, mereka kalah 0-1 dari Spanyol. Pada pertandingan ketiga, secara dramatis, Italia bermain imbang 1-1 melawan Kroasia dan lolos ke babak 16 besar.

Dalam tiga laga tersebut, ada delapan pemain yang selalu masuk dalam starting XI Spalletti. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

Gianluigi Donnarumma

Posisi Penjaga gawang
Usia: 25 tahun
Klub asal: PSG

Donnarumma adalah pahlawan Italia di Euro 2020. Sang penjaga gawang menyelamatkan satu tendangan penalti di partai final. Donnarumma kemudian terpilih sebagai Pemain Terbaik di Euro 2020. Jadi, dia sudah memiliki jam terbang.

Di Euro 2024, Donnarumma memiliki peran yang lebih vital bagi Italia. Sebab, dia harus bermain dengan ban kapten di lengannya. Donnarumma selalu bermain penuh dalam tiga laga fase grup, tapi belum pernah mencatatkan clean sheet.

Alessandro Bastoni

Posisi Bek tengah
Usia: 25 tahun
Klub asal: Inter Milan

Bastoni menjadi pilar penting Inter Milan pada musim 2023/2024. Kini, ia juga menjadi pemain kunci Italia di Euro 2024. Bastoni selalu bermain penuh dalam tiga pertandingan Italia di fase grup.

Peran Bastoni berbanding terbalik jika dibandingkan dengan Euro 2020 lalu. Jika Euro 2020 dia hanya menjadi pelapis duet Chiellini dan Bonucci, kini Bastoni menjadi tumpuan di lini belakang Italia.

Giovanni Di Lorenzo

Posisi Bek kanan
Usia: 30 tahun
Klub asal: Napoli

Di Lorenzo merupakan pemain andalan di sektor bek kanan. Dia tidak tergantikan meskipun Spalletti memiliki pilihan untuk memainkan Raoul Bellanova dan Matteo Darmian. Di Lorenzo tetap menjadi pilihan utama.

Di Lorenzo memang pantas menjadi pilihan utama Italia. Salah satu nilai tambah Di Lorenzo adalah kemampuan crossing dan eksekusi bola mati.

Nicolo Barella

Posisi Gelandang
Usia: 27 tahun
Klub asal: Inter Milan

Barella sempat mengalami cedera dan melewatkan beberapa sesi latihan menjelang Euro 2024. Namun, ia pulih tepat waktu dan menjadi pemain penting bagi Italia. Barella tidak tergantikan dalam tiga pertandingan penyisihan grup.

Barella merupakan bagian dari skuat Italia saat menjuarai Euro 2020. Saat itu, Barella memainkan enam pertandingan sepanjang turnamen. Pada laga final melawan Inggris, Barella bermain selama 53 menit.

Riccardo Calafiori

Posisi Bek tengah
Usia: 22 tahun
Klub asal: Bologna

Saat masih membela AS Roma, Calafiori pernah mendapat pujian dari Jose Mourinho.

Karier Calafiori sempat terhambat oleh cedera. Ia bangkit di FC Bales, lalu Bologna membuatnya melejit. Di Euro 2024, bakat Calafiori benar-benar terasah dan mendapat perhatian luas.

Calafiori adalah tandem ideal bagi Bastoni di lini belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *