Hasil Pertandingan Euro 2024 Timnas Spanyol vs Italia: Skor 1-0

Hasil Pertandingan Euro 2024 Timnas Spanyol vs Italia: Skor 1-0

Hasil Pertandingan Euro 2024 Timnas Spanyol vs Italia: Skor 1-0 Timnas Spanyol menunjukkan ketangguhan mereka untuk mengalahkan Timnas Italia dengan skor tipis 1-0. Kedua tim bertemu dalam duel matchday kedua Euro 2024 Grup B, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB.

Hasil Pertandingan Euro 2024 Timnas Spanyol vs Italia: Skor 1-0

Kedua tim sama-sama memburu tiga poin kedua. Pasalnya, tim yang memenangkan pertandingan ini dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Italia boleh saja menang di pertandingan pertama, tapi kali ini mereka harus mengakui kualitas Spanyol. Anak asuh Luis de la Fuente memetik kemenangan tipis 1-0 lewat gol bunuh diri Riccardo Calafiori (55′).

Kemenangan ini membawa Spanyol ke puncak klasemen Grup B dengan 6 poin dari dua pertandingan. Italia berada di peringkat kedua dengan 3 poin dari dua pertandingan. Dengan demikian, Spanyol dipastikan lolos ke fase gugur Euro 2024.

Babak pertama

Pertandingan langsung dimulai dengan tempo tinggi. Pada menit ke-3, sundulan Pedri sempat merepotkan Donnarumma. Pada menit ke-7, intensitas pertandingan hampir saja membuat Manuel Pellegrini mengalami cedera.

Ritme pertandingan mulai terbentuk setelah 15 menit. Spanyol tampil sangat dominan dalam penguasaan bola dan penciptaan peluang. Italia memilih untuk bermain bertahan.

Serangan Spanyol datang dari segala sisi. Nico Williams sempat mendapatkan peluang, namun sundulannya masih melenceng. Hingga 30 menit pertandingan berjalan, Itaila beruntung memiliki Donnarumma.

Spanyol jelas kecewa karena serangan mereka tidak membuahkan hasil. Di sisi lain, Italia juga harus memberikan respon jika mereka ingin menang. Skor 0-0 membuat para pemain menuju ruang ganti.

Babak kedua

Pertandingan kembali dilanjutkan, Spalletti merespon dengan melakukan dua pergantian pemain di kubu Italia. Baru 3 menit pertandingan berjalan, Spanyol dibuat was-was dengan potensi cederanya Rodri yang terkapar cukup lama di atas lapangan.

Pada menit ke-55, gol yang ditunggu-tunggu oleh Spanyol akhirnya tiba. Nico memberikan umpan silang dari sisi kiri. Morata menyundul bola dengan lembut ke arah tiang jauh. Bek Italia, Calafiori, berusaha menghentikan laju bola, namun justru mendorong bola ke gawangnya sendiri. Gol! Spanyol 1-0 Italia.

Gol Spanyol memaksa Spalletti kembali melakukan pergantian pemain. Hingga menit ke-70, Italia melakukan beberapa pergantian pemain. Spanyol pun merespons dengan pergantian pemain juga.

Italia belum juga menemukan jawaban. Usaha mereka belum membuahkan hasil. Hingga menit ke-90, Italia hanya melepaskan 1 tembakan tepat sasaran.

Tambahan waktu 9 menit tak mengubah apapun. Skor akhir pun 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Statistik pertandingan

Tembakan 20 – 4
Tembakan tepat sasaran: 9 – 1
Penguasaan bola: 58% – 42%
Operan 573 – 427
Akurasi operan: 90% – 83
Pelanggaran: 17 – 14
Kartu kuning: 2 – 2
Kartu merah: 0 – 0
Offside: 0 – 0
Tendangan sudut: 5 – 1

Susunan pemain

SPANYOL (4-3-3): Simon; Cucurella, Laporte, Le Normand, Carvajal; Fabian (90+4′ Merino), Rodri, Pedri (71′ Baena); Nico Williams (78′ Ayoze), Yamal (71′ Ferran), Morata (78′ Oyarzabal)

Pelatih Luis de la Fuente

ITALIA (4-3-3): Donnarumma; Dimarco, Calafiori, Bastoni, Di Lorenzo; Barella, Jorginho (46′ Cristante), Frattesi (46′ Cambiaso); Pellegrini (82′ Raspadori), Chiesa (64′ Zaccagni), Scamacca (64′ Retegui)

Pelatih Luciano Spalletti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *